Cara Daftar Kartu Prakerja 2021

  • Whatsapp

Tak ada kenyamanan di hari tua untuk orang-orang yang malas di masa muda.– Bob Sadino

Sebelum mendaftar kartu prakerja silahkan kunjungi website resmi prakerja di www.prakerja.go.id untuk melakukan pendaftaran. Bagi kalian yang belum memahami program prakerja silahkan cek disini!

Read More

Berikut ini langkah-langkah cara daftar kartu prakerja :

1. Daftarkan dirimu

Pertama, sebelum mendaftar kartu prakerja pastikan kamu :

  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Kedua, siapkan nomor KTP dan KK serta HP yang masih aktif

  • Nomor KTP yang terdaftar maksimal 2 KTP dalam 1 KK
  • Patikan nomor HP masih aktif dan dapat menerima SMS kode verifikasi

Setelah kalian mendaftar dan data selesai diverikasi, lanjut ke langkah selanjtunya

2. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Cara daftar kartu prakerja selanjutnya yaitu kalian akan disuguhkan dengan beberapa soal pilihan ganda yang harus kalian selesaikan untuk bisa ke tahap selanjutnya. Tes ini bertujuan untuk mengenali Kompetensi dan Potensi yang kalian miliki, jadi pastikan jujur ya gaess :))

Selama mengerjakan soal, kalian diperbolehkan untuk menggunakan alat bantu seperti kertas dan pulen untuk corat-coret dan lain sebagainya. Hasil tes akan di evaluasi oleh sistem, silahkan tunggu sekitar 5 menit, jika sudah 5 menit belum ada perubahan juga, silahkan klik tombol Refresh.

3. Seleksi Gelombang

Yeaay!! Selamat kalian telah berhasil membuat akun prakerja. Langkah selanjutnya kamu tinggal ikut seleksi gelombang yang sedang dibuka, kemudian klik gabung di gelombang yang kamu inginkan disesuaikan dengan domisili kamu ya.

Disini, kalian harus menunggu sampai gelombang ditutup untuk status lolos/tidak lolos. Pengumuman dapat dilihat di Dashboard website prakerja di sini

Jika kalian lolos, kalian akan diminta untuk menghubungkan e-wallet atau akun uang eletronik seperti OVO, GOPAY, LINK AJA, DANA dan Bank BNI untuk penerimaan insentif. Pastikan nomor yang terdaftar di e-wallet dan akun prakerja adalah nomor yang sama ya.

4. Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Setelah lolos dan menguhubungkan akun e-money, kalian akan mendapatkan saldo pelatihan sebesar 1jt rupiah yang tersimpan di saldo kartu prakerja (bukan insentif) hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan online di mitra pelatihan resmi prakerja, yaitu : Tokopedia, Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar.

Setelah membeli pelatihan di mitra resmi, pastikan kalian mengikuti dan menyelesaikan semua kelas nya ya. Jika sudah menyelesaikan pelatihan, kalian berhak untuk mendapatkan dana insentif yang akan dikirimkan setiap bulannya ke e-money yang sudah kalian daftarkan selama 4 bulan.

Tunggu apalagi gaess ? kapan lagi kita bisa dapat pelatihan gratis dan insentif pula.

Dengan Kartu Prakerja, raih masa depan lebih cerah!

Baca Juga:   Inilah Beberapa Ucapan, Pantun Pernikahan Yang Lucu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *