Hukum Membaca Lapadz Basmalah(BismillAhir rohmanir Rohim)

  • Whatsapp
NewsJabar.com - Bagi seorang muslim di sunah kan ketika memulai sesuatu pekerjaan harus mengucapkan lapadz Basmalah, Karena jika kita tidak mengucapkannya,
Gambar di ambil dari halman inspiring.id

NewsJabar.com – Bagi seorang muslim di sunah kan ketika memulai sesuatu pekerjaan harus mengucapkan lapadz Basmalah, Karena jika kita tidak mengucapkannya, pekerjaan kita kurang sempurna, dan agar pekerjaan kita mendapatkan pahala dari Allah SWt.

Bismillahirrohmanirrohim artinya:Bismillahi, dengan menyebut nama Allah SWT.

Ar-rohmani yang maha pengasih,Allah yang memberi ni”mat di dunia dan akhirat .yaitu kenikmatan dari Allah di berikan kepada seluruh umatnya di dunia baik bagi orang yang beriman ataupun tidak, di dunia semua makhluk allah SWT di berikan rizki.

Ar-rohimi artinya yang maha penyayang yaitu Allah SWT memberikan ni”mat kepada umatnya hanya untuk di akhirat bagi orang -orang yang beriman dan bertaqwa saja.

Baca Juga:   Terbongkar! Sinopsis Ikatan Cinta 8 Februari 2021 Full Episode: Bocor Dari Elsa Hingga Sodikin

Adapun hukum membaca Basmalah (Bismillahir rohmanir rohim) ada lima yaitu:

1.Wajib

Yaitu kita membaca bismilah di wajibkan atau di haruskan jika kita tidak membacanya, kita berdosa dan ibadah kita tidak akan di terima oleh Allah SWT,yaitu kita membaca basmalah ketika melaksanakan Shalat lima waktu,(Surat AlFatihah)karna basmalah termasuk surat Alfatihah dan Surat Alfatihah merupakan rukun solat.maka dari itu wajib membaca lafadz Basmalah ketika Solat lima waktu.

2.Sunat

Membaca basmalah di sunatkan ketika seseorang ingin memulai sesuatu yang baik, contohnya seperti dia hendak membaca Al-qur”an,mengaji dan lain sebagainya asalkan tujuannya baik atau pekerjaannya baik maka membaca basmalah disunatkan, yaitu jika kita membacanya mendapat pahala,dan jika kita tidak membacanya tidak berdosa.

Baca Juga:   Potret Terbaru Pedangdut Via Vallen Pakai Hijab, Penampilannya Bikin Pangling

3.Makruh

Membaca Basmalah hukumnya makruh ketika kita ingin mengerjakan sesuatu yang di makruhkan oleh agama islam, makruh yaitu jika kita membaca basmalah tidak mendapatkan pahala juga meninggalkannya tidak berdosa.

4.Mubah

Mubah itu ialah boleh yaitu jika kita membaca bismilah lebih baik, tapi bila tidak membaca nya juga tidak apa-apa.

Hukum membaca bismilah boleh yaitu ketika kita hendak memindahkan sesuatu benda dari kanan ke kiri dan sebagainya.atau kita hendak bepergian ke suatu tempat lebih baik ketika melangkahkan kaki kita membaca lapadz basmalah terlebih dahulu.

5.Haram

Hukumnya Haram yaitu ketika membaca bismilah kita mendapatkan dosa,yaitu apabila seseorang ingin melakukan sesuatu yang haram membaca bismilah ia berdosa.Seperti melakukan sesuatu yang di haramkan menurut agama islam contohnya ketika seseorang ingin mencuri mengucapkan basmalah dahulu haram hukumnya.

Baca Juga:   Viral: Vidio Syur Perempuan Gaun Merah Yang Bikin Penasaran 3,18 Detik Di Hotel Bogor

Membaca lapadz Bismillahirrohmanirrohim sangat banyak manfaatnya dan juga keutamaannya,di sunah kan juga bagi seorang muslim ketika ia hendak tidur membacanya selama 25 X maka padilahnya ia dan keluarganya akan di jaga oleh yang maha kuasa dari segala bahaya dan dari kedoliman orang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *