Keutamaan dan Hikmah Silaturahmi dalam Islam

  • Whatsapp
Keutamaan dan Hikmah Silaturahmi dalam Islam
gambar ini di ambil dari halaman Sausan"s journal

Newsjabar.com, Silaturrahmi atau menyambung persaudaraan dan kasih sayang sesama manusia sangatlah penting, Silaturrahmi berasal dari kata Shilla yang artinya hubungan dan Rahmi artinya kerabat, kata Rahmi berasal dari bahasa arab Rahim artinya kasih sayang, dibaca rahmi karena merupakan Mudop ileh dari kata Shilla.Sehingga Silaturrahmi dapat di artikan berkasih sayang sesama manusia atau menjalin kekerabatan/persaudaraan.

Manusia merupakan makhluk sosial, yang dimanapun berada atau kapanpun pasti membutuhkan orang lain/tidak bisa hidup sendiri,saling membantu,menolong,mendukung,bekerja sama memenuhi semua kebutuhan hidup di dunia.

Sebab bahwasannya manusia hidup di dunia ini di ciptakan Allah SWT,agar beribadah kepadanya,Dalam firmannya Allah SWT menjelaskan: “Wama kholaktul jinna wal insa illa liya”budun.

Artinya: Tidaklah kami ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah,.”

Baca Juga:   Viral Rafi Ahmad di Vaksin

Ibadah itu ada dua, ada ibadah mahdoh yaitu yg kewajiban manusia yang harus di laksanakan yang berkaitan kepada Allah Taala, seperti melaksanakan solat DSB.Dan kedua ibadah goer Mahdoh yaitu yang berkaitan dengan sesama manusia.Sebab seorang muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara,juga islam menganjurkan kepada umatnya agar senantiasa menyambung persaudaraan juga menjaganya.

Menjalin Silaturrahmi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan ukhwah islamiyah dengan cara mengunjungi sanak saudara dan keluarga.

Selain membuat orang lain yang di kunjungi merasa senang, Silaturrahmi mempunyai banyak hikmah dan keutamaan diantaranya ialah

Hikmah Silaturrahmi

Memperkokoh Tali Persaudaraan

Hikmah dan keutamaan Silaturrahmi yang pertama adalah dapat merekatkan atau memperkokoh tali persaudaraan, tentunya sebagai sipat manusia yang tak pernah terlepas dari salah dan khilaf,pasti kadang – kadang ada saja terjadi konflik antar sesama bahkan sering dilakukan tanpa sadar menyakiti atau minyinggung seseorang, baik dengan kata -kata atau perbuatan.

Baca Juga:   Yuk Berburu Takjil Di Jakarta, Untuk Berbuka Puasa Nanti

Dengan Silaturrahmi memberikan hikmah untuk merekatkan ukhwah dan juga kekerabatan yang mulai pudar atau berkurang saling memohon maaf.

Memperbanyak Rizki

Dalam beberapa hadist di jelaskan bahwa dengan Silaturrahmi bisa memperbanyak rizki.

tentu saja rizki ini bisa bersipat langsung atau efec yang tidak langsung.Contohnya kita bisa menawarkan produk bisnis kepada orang,membangun bisnis bersama atau mendapatkan berkah lainnya.

Menambah Empati dan Menjauhi Sifat Egois

Hikmah dan keutamaan Silaturrahmi lainnya adalah menambah empati kita terhadaporang lain dan tidak bersikap egois,bisa membiasakan untuk menghargai orang lain,menghormati orang lain, silaturrahmi yang dilakukan secara konsisten akan membentuk karakter yang baik menumbuhkan sikap yang baik berempati terhadap sesama.

Baca Juga:   Sinopsis Ikatan cinta 28 februari
Menambah Kesatuan dan Persatuan yang dinamis

Dalam hadist di jelaskan,seorang muslim dengan muslim lainnya seperti suatu bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya.Saling bersatu menjaga persaudaraan, tentu saja Silaturahmi merupakan jalan untuk mempersatukan umat islam,saling membantu dalam hal kebaikan.Sebab jiga umat islam bersifat individulisme, maka akan timbul permusuhan dan kehidupan yang tidak harmonis.Maka oleh karena itu dengan Silaturrrahmi dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan antara sesama.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *