Mengenal Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

  • Whatsapp
Mengenal Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia
Mengenal Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

NewsJabar.comMengenal Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia. Dilansir dari car.co.id, Sebagai salah satu lembaga keuangan non Bank, Asuransi dikekenal sebagai alternatif investasi yang Cukup baik.

Hal itu berguna untuk meminimalisir resiko atas semua kejadian yang tidak terduga. Definisi Asuransi . Menurut web otoritas jasa keuangan (OJK), Asuransi adalah sebuah perjanjian .

Read More

Yang dimana perjanjian itu berlaku antara penyedia jasa layanan asuransi sebagai penanggungnya, dan masyarakat yang memegang Polis Asuransi dan dikenal sebagai tertanggung.

Tertanggung tersebut adalah yang diwajibkan untuk membayar sejumlah premi asuransi dalam rangka memberikan penggantian atas resiko kerugian, kerusakan, kematian, dan kehilangan keuntungan.

Hal tersebut bisa terjadi karena hal atau peristiwa yang tidak terduga. Istilah tersebut menggambarkan bahwa setiap tindakan yang dilakukan untuk memberikan proteksi dari ancaman resiko.

Baca Juga:   Bayah-Banten Di Guncang Gempa Bumi Dengan Bersekala 5.1 Magnitudo

Pemegang Polis Asuransi memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah uang yang disebut sebagai Premi Asuransi kepada pihak perusahaan asuransi yang pada gilirannya menyetujui untuk memberikan kompensasi.

Selain kompensasi, ada juga proteksi terhadap kerugian di masa yang akan datang yang mungkin menimpa pemegang Polis dari perusahaan asuransi tersebut.

Ketika pemegang Polis atau peserta Asuransi atau tertanggung mengalami musibah dan mendapat kerugaian (kerusakan) yang tercantum dalam kontrak, tertanggung tersebut berhak untuk mengajukan klaim Asuransi.

Penerima asuransi ini tidak hanya tertanggung yang namanya tercantum sebagai pemegang Polis Asuransi dari perusahaan, tetapi juga bisa orang lain yang di tunjuk oleh tertanggung.

Asuransi sendiri dikenal dengan berbagi macam serta dikelompokan sesuai fokus dan resiko. dua hal itulah yang menentukan ukuran keseragaman dalam resiko yang ditanggung sesuai jenis kebijakan.

Baca Juga:   Begini Cara Mengurus Akta Kelahiran Hilang Beserta persyaratannya

Hal tersebut akan digunakan Perusahaan Asuransi sebagai untuk mengantisipasi potensi kerugian serta menetapkan tingkat premi asuransi yang ditawarkan sesuai dengan jenis asuransi masing-masing.

Berikut 3 jenis Asuransi trend yang ada di indonesia .

Jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

1 . Asuransi Jiwa

Jenis Asuransi Jiwa ini dikenal memberikan keuntungan finansial kepada tertanggung atas kematiannya. sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwapun bermacam-macam.

Ada perusahaan Asuransi yang menyediakan pembayaran setelah kematian dan yang lainnya bisa memungkinkan tertanggung untuk meng klaim dana sebelum kematiannya.

Asuransi Jiwa dapat dibeli untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja, atau dibeli untuk keuntungan orang ketiga. Bahkan Asuransi jiwa juga dikenal dapat dibeli pada kehidupan orang lain.

Contoh ilustrasi nya adalah, misal, seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan manfaat kepadanya setelah kematian sang istri.

Selain itu, Orang tua juga dapat mengasuransikan diri terhadap kematian sang anak.

Baca Juga:   Heboh Penemuan Sosok Misterius di Singkawang, Kepala Pocong Bertubuh Monyet

2. Asuransi kesehatan

Jenis Asuransi kesehatan ini juga dikenal oleh masyarakat di Indonesia. asuransi kesehatan merupakan asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung.

Umumnya, penyebab sakit tertanggung yang biayanya yang dapat ditanggung perusahaan asuransi adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan yang paling dikenal di Indonesia adalah Asuransi Mobil yang fokus terhadap tanggungan cedera kepada orang lain, atau terhadap kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan tertanggung.

Asuransi ini juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor si tertanggung.

Asuransi kendaraan merupakan salah satu produk asuransi umum. jenis asuransi ini sempat menjadi booming ketika terjadi kerusakan mei 1998. karena peristiwa tersebut membuat minat masyarakat meningkat drastis.

Penulis : Asep nurfalah
Sumber : car.co.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *