Sejarah dan Asal Usul Kota Kabupaten Sukabumi

  • Whatsapp
Sejarah dan Asal Usul Kota Kabupaten Sukabumi

Newsjabar.com. Kota Sukabumi adalah merupakan suatu wilayah di Jawa Barat yang mengalami perkembangan yang sangat pesat di banding kan dengan daerah lain nya. Pada awal nya sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintah District Goenoeng Parang, yang merupakan bagian dari Afdeeling Tjiandjoer, Reidentie Preanger ( Regeerings Almanaks pada tahun 1872). Dalam catatan arsip Hindia Belanda, nama sukabumi pertama kali di gunakan oleh Andrias Christoffel Johannes de Wide, seorang ahli badan dan administratur perkebunan kopi dan teh yang berkebangsaan Belanda, beliau mengenalkan sukabumi ke dunia luar.

Sejarah dan Asal Usul Kota Kabupaten Sukabumi

Read More

Sukabumi yang beraal dari sebuah distrik berkembang menjadi Geneente (Kotapraja). Perkembangan ini mungkin terjadi di karnakan letak wilayah sukabumi yang strategis terutama setelah di bangun jalan raya pos oleh Daendels. Keberadaan banguna teh yang beradadi sukabumi menjadi faktor penarik penduduk sekitar untuk datang ke sukabumi. Mereka datang mengadu nasib untuk meningkat kan taraf hidup nya. Akhirnya sukabumi tumbuh menjadi pusat perekonomian.

Baca Juga:   Manjakan Mata Anda Dengan Liburan Ke Sukabumi

Penduduk yang berada di sukabumi dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Barang-barang tersebut di hasilkan oleh penduduk di pedalaman dan akan di perjualbelikan di pasar. Wilayah sukabumi akhirnya tumbuh dengan sistem hukum dan berkembang ke arah kosmopolitan seperti yang di kemukakan Weber. Kondisi ini menjadikan pertimbangan pemerintah Hindia Belanda untuk membangun lintasan jalan kereta api yang menhubungkan batavia dengan sukabumi. Jalur kereta api tersebut memberikan banyak keuntungan bagi perkebunan teh yang memerlikan transportasi yang murah dan cepat untuk menjual hasil perkebunan teh ke pabrik atau pun kota.

Dengan lintasan jalan kereta api ini kehidupan sosial ekonomi masyarakat sukabumi semakinberkembang. Pemerintahan Hindia Belanda juga membangun sejumlah irigasi untuk mengairi kegiatan pertanian di wilayah sukabumi, tidak kurang dari Tujuh Belas tangki air melintas di atas jalan raya yang menghubungkan Bogor dengan Cianjur melalui sukabumi. Bangsa eropa berlomba-lomba datang ke sukabumi untuk berinvestasi, hal itu di sebabkan karena banyak nya hal yang menarik yang dapat di kembangkan.

Baca Juga:   Salshabilla Adriani Tabrak 2 Mobil Di Kemang

Kehadiran da komposisi penduduk eropa membawadampak bear dalam perubahan sukabumi menjadi sebuah Gemeente (Kotapraa). Kebijakan Desentralisasi dan perubahan pemerintahan negeri memberi ruang bagi mereka untuk menjadikan sukabumi sebagai daerah Otonom.

Sejarah kota dan kabupaten sukabumi bermula dari pembukaan lahan perkebunan kopi di wilayah priangan barat di masa pemerintahan kolonial VOC. Karena besarnya permintaan akan komoditas kopi di eropa, pada tahun 1709 Gubernur Jenderal Abrahan Van Riebeeck mulai membuka perkebunan kopi di daerah Tjibalagoeng (Bogor), Tjiandjoer, Djogdjogan, Pondok Kopo, dan Goenoeng Goeroeh. Kelima perkebunan ini lalu mengalami perluasan dan peningkatan di era pemerintahan Gubernur Jenderal Hendrick Zwaardecroon (tahun 1718-1725).

Seieing waktu, kawasan sekitar perkebunan kopi di Goenoeng Goeroeh berkembang menjadi beberapa pemukiman kecil, salah satu nya adalah kampung Tjikole pada tahun 1776, Bupati Tjiandjur Wirantanu membentuk kepatihan Tjikole yang merupakan pendahulu dari kabupaten sukabumi saat ini.

Baca Juga:   Teknik Memperbanyak Pohon Durian Unggulan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *