Ternyata inilah Alasannya!! Tidak Adanya formasi ASN PPPK Guru Agama di Seluruh Indonesia

  • Whatsapp

Ratusan ribu guru agama yang berstatus honorer di seluruh Indonesia akan mengancam mogok mengajar pada akhir bulan ini, Jika tidak adanya formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK untuk seluruh guru agama yang berstatus honorer di seluruh Indonesia.

“Tidak adanya formasi PPPK untuk guru agama diluar formasi 9.464 untuk sisa honorer K2 pada rekrutmen PPPK Februari 2019”, ujar Mahnan Marbawi selaku ketua umum DPP Asosiasi Guru PAI Indonesia.

Padahal, tanpa kita sadari guru agama yang sebagian besar masih berstatus honorer, sangat memegang peran penting tentang menciptakan generasi berakhlak mulia.

Tetapi hak-hak mereka untuk meningkatkan status dan kesejahteraannya menjadi tidak terwadahi oleh pemerintah, bahkan impiannya untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK hanyalah mimpi belaka.

Baca Juga:   Baca Manga Boruto Chapter 55 Sub Indonesia Komiku

Marbawi yang dihubungi JPNN.com pada Sabtu (6/3) berkata: Bahwa formasi PPPK untuk guru agama diluar honorer K2 tidak ada. Ini bentuk ketidakadilan terhadap guru pendidikan agama.

Serta desakan guru agama akan melakukan mogok mengajar nasional. Tetapi keinginan terebut bisa ditahan. sehingga mereka mengancam jika pada akhir bulan ini keinginan tersebut tidak dikabulkan maka akan tetap melakukan mogok mengajar.

Melakukan mogok mengajar akan tetap ditempuh oleg guru agama terutama PAI diseluruh Indonesia. jika keinginan mereka untuk mengadakan formasi ASN PPPK tidak dikabulkan.

Marbawi pun menambahkan, bahwa tidak ada perbedaan antara guru agama dengan guru-guru lainnya. Memang guru agama berada di bawah kementrian agama, memang tidak sama dengan kemendikbud. Padahal sama-sama dipinpin oleh mentri yang sama.

Baca Juga:   Seago 666 APK Penghasil Uang Terbaru

Permintaan formasi PPPK untuk guru agama sudah diaspirasikan kepada AGPAII sejak bulan Desember 2020. Tetapi permintaan tersebut belum dikabulkan oleh pemerintah.

Pesan terakhir dari Marbawi selaku ketua umum DPP Asosiasi Guru PAI Indonesia yaitu saat ini mereka berharap kuota PPPK yang masih kosong sebanyak 431.762 formasi diisi dengan guru agama.

Sedangkan jumlah guru PAI yang masih honorer ada 188 ribu pengajar, semoga segera diberikan kesempatan mengikuti test PPPK pada tahun ini.

Sedangkan, pada 5 Maret 2021, Diirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengungkapkan bahwa kebutuhan formasi yang diajukan Pemda ke KemenPAN-RB baru 568.238, artinya masih ada selisih 431.762 formasi yang belum terisi.

Baca Juga:   Pemerintah Akhirnya Mengkaji Pertandingan Sepak Bola

Kesimpulan

Tidak adanya formasi PPPK untuk guru agama diluar formasi yang telah disediakan oleh pemerintah dan kemendikbud, sehingga membuat seluruh guru agama terutama PAI yang digawangi oleh Marbawi selaku ketua umum DPP Asosiasi Guru PAI Indonesia akan melakukan mogok kerja pada akhir bulan ini. jika keinginan mereka menjadi ASN PPPK tidak terkabulkan.

Penutup

Semoga saja ada titik terang untuk pengangkatan status dan taraf kesejahteran guru agama yang masih berstatus honorer agar dapat segera mengikuti tes ASN PPPK.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *