Sinergitas PKBM mengelola BOP lebih baik

  • Whatsapp

newsjabar.com- Senin, 06 September 2021 Forum Komunikasi Pusat kegiatan belajar masyarakat Indonesia atau yang di singkat FKBMI Kab. Sukabumi telah menyelengarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelola PKBM dalam Pengelolaan Keuangan BOP kesetaraan Tahun 2021 yang bertempat di Aula Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi. kegiatan tersebut di ikuti oleh Direktur/Direktris PKBM sebanyak 72 lembaga satuan pendidikan yang tersebar di 47 kecamatan kabupaten sukabumi dan terbagi 2 gelombang, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan covid 19.

Dede Rayitno sebagai sekretaris FKPKBMI dan Direktur PKBM Tumbuh Jaya mengatakan “maksud pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas pengelola pkbm dalam pengelolaan keuangan BOP agar pengelola pkbm memahami penggunaan keuangan BOP dalam perspektif hukum dan regulasi juknis kegiatan dalam Upaya pencegahan penyalahgunaan keuangan BOP kesetaraan selain itu tujuan kegiatan tersebut pertama diharapkan terwujud pkbm yang taat aturan dan hukum menuju pkbm yang bermartabat. Kedua meningkatnya kafasitas pkbm dalam tata aturan dan hulum dalam hal penggunaan keuangan BOP dan yang ketiga terjalinnya sinergitas pkbm yang dinamis dan optimis sebagai langkah pencegahan penyalahgunaan penggunaan anggaran bantuan BOP”.

Baca Juga:   Viral Maling Tanpa Busana Masuk kekamar Korban Hanya Menggunakan celana Dalam

Read More

Apresiasipun muncul dari dinas pendidikan kabupaten sukabumi, “saya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berpesan kepada Para pengelola lembaga PKBM dapat memahami bentuk dan resiko mengelola keuangan negara, serta menerapkan azas-azas pengelolaan keuangan negara Sesuai dengan juknis pengelolaan keuangan negara khususnya BOP pendidikan kesetaraan”, pungkas Hamdani, S.Pd.,M.Si.,MM kasi kesetaraan dan keaksaraan bidang paud dikmas.

Dalam kegiatan tersebut hadir para narasumber ahli yang berasal dari Polres Sukabumi, Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi , Inspektorat Kabupaten Sukabumi, dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi. ke empat narasumber tersebut memberikan materi untuk peningkatan pengetahuan pengurus pkbm dalam mengelola anggaran negara dengan baik dan benar sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:   6 Peran Guru, Dambaan Siswanya

Dede Firmansyah (Direktur PKBM Lestari) salahsatu peserta menuturkan “Sangat bermanfaat bagi kami pengelola lembaga pkbm dengan di adakannya bimtek ini, kita Lebih tahu & paham secara mendalam tentang rambu-rambu dalam pengelolaan uang negara, mana yg boleh dan mana yang tidak. Demi tercapainya tujuan dari uang negara tersebut yang disalurkan kepada setiap lembaga pkbm sebagai dana BOP DAK Non Fisik dalam hal ini untuk pendidikan kesetaraan. Harapan saya sebagai salah satu pengelola lembaga pkbm, kegiatan ini bisa di laksanakan secara berkesinambungan (tiap tahun) sebagai ajang pengingat dalam rangka pencegahan terjadinya penyalahgunaan anggaran serta sebagai ajang silaturahmi antar lembaga pkbm dengan pihak-pihak terkait.

Baca Juga:   Aparat Desa Cijalingan Sukabumi Viral Karena Marahi Guru Yang Unggah Video Jalan Rusak ke Facebook

Peserta lain mengatakan “saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada FKPKBMI yang telah memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelola PKBM dalam Pengelolaan Keuangan BOP kesetaraan di tahun 2021, karena kegiatan tersebut sangat dibutuhkan untuk meperbaiki manajemen pengelolaan keuangan negara yang sudah diamanahkan melalui BOP di pendidikan kesetaraan dengan baik dan sesuai permendikbud yang berlaku.” tandas Aris Karim Alfarizi (Direktur PKBM Muslim Cendekia).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *