Final! Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang

  • Whatsapp
Final! Mudik Lebaran 2021 Resmi Dilarang
Potret masyarakat yang sedang melakukan mudik. (sumber: economy.okezone.com)

NewsJabar – Setelah sempat ada pengumuman bahwa mudik 2021 diperbolehkan, pemerintah akhirnya memutuskan untuk tidak memperbolehkan kembali mudik lebaran 2021. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. Beliau juga mentakan bahwa larangan mudik ini merupakan upaya pemerintah untuk bisa menekan penyebaran virus corona.

            Larangan mudik ini merupakan keputusan final, bahkan larangan ini bukan hanya berlaku untuk mudik antar provinsi, namun larangan ini juga berlaku untuk mudik lokal. Yang mana mudik lokal ini merupakan mudik yang dilakukan untuk perjalanan dekat, contohnya oleh warga di sekitar Jabodetabek. kementerian Perhubungan akan segera merilis Peraturan Menhub (Permenhub) mengenai Pengendalian Transportasi pada masa mudik Idul Fitri Tahun 2021. Mereka menyatakan telah konsisten untuk melaksanakan kewajiban mengenai larangan mudik ini.

Baca Juga:   Tanggal 5 Januari 2021 Langit Akan Gelap, Fenomena Alam Sepanjang Januari

            Dilansir dari cnbcindonesia.com, larangan mudik ini merupakan keputusan melalui rapat komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang telah dilaksanakan pada 23 Maret 2021 dan Rakor tingkat Menteri tentang Persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 pada tanggal 26 Maret 2021, Menko PMK pun telah mengeluarkan surat kepada para Menteri dan Kepala Lembaga tahun 2021, yang mana hal ini berkaitan dengan meniadakan mudik Lebaran tahun 2021. Larangan ini berlaku bagi aparatur sipil negara, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, serta seluruh masyarakat tentunya.

            Muhadjir menambahkan, aktivitas mudik lebaran sebenarnya bisa menggerakkan aktivitas ekonomi. Namun, jika mudik lebaran dilakukan di tengah pandemi seperti ini, maka malah akan meningkatkan kasus positif Covid-19 yang tengah melanda selama setahun lebih ini.

Baca Juga:   Ulama Indonesia "Syekh Ali Jaber" Telah Tutup Usia

            Larangan mudik ini akan muali diberlakukan mulai dari tanggal 6-17 Mei 2021. Dalam kurun waktu tersebut, warga juga tidak diperbolehkan untuk beraktivitas dalam kerumunan yang mana hal tersebut dapat menyebabkan menyebarnya virus corona. Perlu diingat, meskipun mudik dilarang, namun pemerintah tetap menetapkan tanggal 12 Mei sebagai cuti bersama.

            Untuk kegiatan keagamaan saat bulan Ramadan dan Idul Fitri nantinya masih akan diatur lebih lanjut oleh Kementerian Agama yang akan berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta organisasi keagamaan yang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *