Keutaman Membaca Surat Al-Kahfi Pada Malam Jumat dan Hari Jumat

  • Whatsapp
Surat Al-Kahfi
Surat Al-Kahfi/badakpos.com

Siapa yang tidak tahu dengan Surat Al- Kahfi yaitu surat ke 28 dalam Al Qura’an, yang artinya penghuni penghuni gua. Jumalah ayat dalam surat ini ada 110 ayat. Surat Al-Kahfi disebut juga Ashabul Khaf.

Ammar TV

 Dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Penghuni-Penghuni Gua. Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surah ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda (The Seven Sleepers) yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa cerita dalam surat ini, yang kesemuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang berguna untuk kehidupan manusia. 

Surat Al-Kahfi ini tergolong surat Makiyyah, kecuali ayat 38 dan 86 sampai 101 yang merupakan ayat Madaniyyah.

Baca Juga:   Kartu Prakerja Gelombang 12 Resmi Diperpanjang: Login prakerja.go.id

Di Malam Jumat dan hari Jumat untuk umat Islam merupakan hari yang sangat istemewa dan banyak memiliki keberkahan.

Amalan yang sunah dikerjakan juga banyak diantaranya yaitu membaca surat Al-Khafi. Banyak sekali keutamaan yang didapat untuk kita yang membaca surat al-kahfi yaitu diantaranya:

  1. Diampuni segala dosanya

Al-Hafiz Abu Bakar ibnu Murdawaih telah mengatakan di dalam kitab tafsirnya dengan sanad yang garib dari Khalid ibnu Sa’id ibnu Abu Maryam, dari Nafi’, dari Ibnu Umar yang mengatakan bahwa Rasulul­lah Saw.

Pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka timbullah cahaya baginya dari telapak kakinya hingga ke langit yang memberikan sinar baginya kelak di hari kiamat, dan diampunilah baginya semua dosa di antara dua hari Jumat. Predikat marfu’ hadis ini masih perlu dipertimbangkan kebenarannya.” di kutip dari inews.id”.

Baca Juga:   Komentar Krisdayanti Soal Atta Halilintar Minta 15 Anak ke Aurel Hermansyah

2. Disinari cahaya diantara hari Jumat

3. Menjadi cahaya dihari kiamat

4. Dipelihara dari fitnah dajjal

Namun, tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja, surat Al Kahfi juga baik dibaca setiap hari. Kamu bisa mencoba untuk membacanya setiap hari. Nah, berikut ini beberapa keutamaan yang bisa kamu dapatkan jika membaca surat Al Kahfi.

Mudah mudahan kita bisa rutin mengamalkannya apabila terlalu berat karena ayatnya yang panjang, alangkah baiknya kita bagi bagi cara membacanya dimulai dari setelah sholat magrib dimalam Jumat sd sholat Ashar dihari Jumat. Selamat mencoba.



Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *