Paseban Kampung Sunda di Bogor Jawa Barat

  • Whatsapp
Paseban Kampung Sunda
Paseban Kampung Sunda/Rani Newsjabar

Hai para traveller siapa yang belum pernah berkunjung ketempat ini. Kali ini akan membahas tentang sebuah destinasi wisata yang didalamnya ada penginapan juga yang ada di Bogor Jawa Barat. Yang bernama Kampung Budaya Sunda Paseban.

Kampung Budaya Sunda Paseban Kp. Paseban RT 04 / RW 05 Desa Megamendung, Kec. Megamendung Kab. Bogor – Indonesia, Cisarua, Puncak, Jawa Barat, Indonesia, 16750.

MGS Televisi

Kawasan wisata yang terletak di punggungan barat daya gunung Paséban, adalah wilayah terujung bagian tenggara desa Megamendung yang berbatasan dengan Desa Cilember dan desa Jogjogan kecamatan Cisarua.

KBS Paseban pertama yang digagas oleh politisi partai Gerindra Fadli Zon dan Jatnika Nanggamiharja sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas budaya Sunda.

Dikutip dari Bogorupdate.com, untuk saat ini, KBS Paseban tersebut kini telah dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Sayaga Wisata milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sejak sebulan terkahir ini.

Baca Juga:   Cara Baca Pesan WhatsApp Yang Sudah Dihapus Di Android

Direktur Utama PT. Sayaga Wisata, Supriadi Jufri menuturkan, KBS Paseban merupakan realisasi dari lima pilar budaya sunda yang terdiri dari budaya bambu, budaya pencak silat, budaya pertanian, budaya kecapi suling, dan budaya dongeng, serta KBS Paseban merupakan bagian dari Desa Wisata Megamendung.

Ia menjelaskan, area KBS Paseban sendiri dikelilingi hutan tropis dengan ketinggian sekitar 1100 meter diatas permukaan laut. Kampung paseban memiliki udara segar dan sejuk dengan temperatur pada siang hari 18-25 derajat Celcius, sementara pada malam hari bisa turun sampai 10 derajat celcius.

“Paseban yang kini telah dikelola BUMD PT. Sayaga Wisata adalah tempat yang tepat untuk istirahat, bisa juga menikmati alam, menghirup udara segar, menghindar dari kebisingan dan hiruk pikuk kota,” kata Supriadi dalam sambutannya dalam perhelatan Famtrip 2020, Selasa (08/12/2020).

Baca Juga:   Kabar Gembira, BLT UMKM Di perpanjang hingga 2021

Tempatnya wajib dikunjungi karena merupakan salah satu budaya Sunda yang ada di Jawa Barat. Dilihat-lihat dengan dibangunya kampung ini mengingatkan kita dengan budaya dan adat Sunda.

Merupakan kawasan wisata Megamendung berada diketinggian 1100Mdpl. Dimana kawasan ini masih dikelilingi dengan hutan yang sangat rindang. Udaranya disana pun sangat segar dan hawanya sangat sejuk.

Sangat tepat untuk dijadikan tempat liburan dan tempat untuk refreshing, tadabur alam, mengagungkan ciptaan Allah SWT.

Tempat ini dijadikan destinasi wisata yang sangat dan wajib kita kunjungi. Perjalanan cukup lumayan. Memang masih berkelok dan batuan. Tapi semua akan terbayar ketika kita sudah sampai disana.

Banyak fasilitas yang bisa kita dapatkan disana, alahkah lebih baiknya kita sewa penginapan agar kita bisa menjelajah semua wilayahnya, karena tidak cukup satu hari.

Baca Juga:   Michael Yukinobu Defretes Atau MYD Jadi Tersangka Terkait Vidio Syur Dengan Gisel

Mulai dari sewa penginapan yang begitu lumayan terjangkau tergantung tipe yang kita ambil, disana ada kolam renang, ada tempat untuk berfoto-foto,animal zoo, ada untuk tempat karoke dan kita bisa turun untuk melihat curug yang ada disekitarnya salah satunya curug Bulao, ada peningalan kebudayaan-kebudayaan seperti keris keris. Dan simbol kebudayaan Sunda yang menjadi rekor muri.

Disana pun disediakan untuk sewa kendaraan wara wiri yang diperutukan bagi pengunjung yang tidak ingin membawa kendaraannya kearea Paseban karena memang jalannya yang kurang bagus, karena kalau kita sewa wara wiri kita bisa menikmati setiap perjalannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *