Pencarian ASN P3K Guru 2021

  • Whatsapp
pelamar asn p3k
pelamar asn p3k

Kementrian Pendidikan kebudayaan dan riset teknologi telah melakukan perhitungan matang berdasarkan data Dapodik bahwasannya kebutuhan guru di sekolah negeri sudah waktunya untuk mengseleksi untuk menutupi kebutuhan tersebut, guru yang memiliki status PNS yang dan masih mengajar, mencapai lebih dari satu juta guru dilokasi yang tersebar seluruh wilayah indonesia.

Melihat dari kacamata kebutuhan guru disekolah, jumlah guru berstatus ASN yang ada di sekolah negeri berkisar 60% dari jumlah yang dibutuhkan. sudah 4 tahun terakhir, jumlah ASN terus menurun sebanyak 6% setiap tahunnya dikarenakan pensiun. sedangkan, pengangkatan quota guru ASN hanya 2% setiap tahunnya. Hal ini yang menyebabkan menurunnya qulitas Pendidikan di indoensia karena keterbatasan guru yang kompeten sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Baca Juga:   Inilah 3 Pernyataan Presiden RI Joko Widodo Terkait Larangan Mudik Lebaran 2021

Ada 5 terobosan untuk teknis seleksi guru PPPK (P3K) yang telah dipersiapkan pemerintah pusat.

Yang Pertama, berbeda dari tahun kebelakang  dengan formasi sangat terbatas, batasan quota jumlah guru p3k saat ini tembus 1 Juta guru. Tahun sebelumnya, kebanyakan guru honorer di Indonesia harus menunggu dan mengantri untuk ikut berpartisipasi. Pada tahun 2021, hampir semua guru honorer yang berada disekolah negeri baik SD,SMP dan SMA atau lulusan Pendidikan Profesi Guru bisa mendaftar dan ikut seleksi p3k tahun 2021 ini.

Yang Kedua, apablia sebelumnya setiap daftar p3k hanya diberikan kesempatan 1 kali ujian seleksi p3k per tahun, kini setiap pendaftar p3k dapat mengikuti ujian seleksi sampai 3 kali. Apabila mengalami kegagalan diwaktu pertama, maka dapat belajar Kembali dan mengulang ujian hingga 2 kali lagi di tahun tersebut atau tahun berikutnya.

Baca Juga:   Hasim Adnan Wujudkan Mimpi Warga Sukabumi

Yang ketiga adanya materi tentang p3k untuk guru honorer agar bisa mempersiapkan diri sebelum ujian p3k. Standar ujian seleksi p3k akan ditentukan dengan sangat matang agar mendapat kepastian kualitas mutu pembelajaran anak-anak yang kreatif dan inovatif.

Yang Keempat, sejak dulu pemerintah daerah tetap menyiapkan anggaran untuk gaji peserta yang sudah lolos seleksi p3k, di tahun 2021 pemerintah pusat dapat memastikan adanya anggaran untuk gaji semua peserta yang lulus seleksi guru PPPK.

Yang Kelima (Akhir), berbeda dengan tahun  sebelumnya yaitu biaya penyelenggaraan ujian p3k ditanggung pemerintah daerah baik kabupaten maupun provinsi, sekarang biaya tersebut ditanggung oleh Kemendikbud.

Jangan sampai tertinggal menjadi pelamar p3k guru, tetap semangat semoga lolos seleksi p3k dan jangan lupa untuk selalu mengecek lokasi ujian pppk guru tahun 2021.

Baca Juga:   Gerhana Bulan 26 Mei Berlangsung 5 Jam Berikut Penjelasan BMKG

Link pencarian pelamar ASN p3k guru https://gtk.kemdikbud.go.id/diklatgtk/pppk/

Link pencarian lokasi pelamar p3k guru http://118.98.166.67/pelamar_p3k/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *