Penetuan Lebaran Idul Fitri 2021

  • Whatsapp
Penetuan Hari Raya Idul Fitri 2021
LUSTRASI. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada Selasa (11/5/2021). ANTARA FOTO/David Muharmansyah/wsj. sumber kompas.com

Lebaran Idul Fitri sebentar lagi, tinggal menghitung hari. Idul Fitri ini, hari besar umat muslim didunia.

Lantas kapan lebaran idul fitri apa hari Rabu tanggal 12 Mei2021 atau Kamis 13Mei 2021?. Kita masih menunggu keputusan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1422 H.

Akan digelar pada hari ini selasa 11 Mei 2021 atau tepatnya 29 Ramadhan secara daring dan luring. Yang akan dipimpin oleh menteri agama Yaqut Cholil Qoumas.

Dilaksanakan setelah maghrib karena sidang ini masih dalam keadaan pandemi jadi tidak semua perwakilan hadir secara fisik di Kemenag. Hanya perwakilan saja yang hadir.

Live streaming secara online dan panitia pun menyediakan aplikasi zoom meeting untuk peserta sidang dan media.

Baca Juga:   Perbandingan Aplikasi Pesan WhatsApp Vs Telegram Vs Signal, Manakah Yang Lebih Aman

Untuk masyarakat muslim yang ingin memantau jalannya sidang bisa langsung live di TV melalui stasiun televisi TVRI atau live streaming dimedia sosial Kemenag.

Tempat yang akan dijadikan pemantauan “dikutip dari kompas.com” Kemenag akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia.

Adapun untuk wilayah DKI Jakarta rukyatul hilal akan dilaksanakan di:

  1. Gedung Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta lantai 7
  2. Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat
  3. Pulau Karya Kepulauan Seribu
  4. Masjid KH Hasyim Asy’ari Jakarta Barat.

Melalui Surat Edaran No SE 07 tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M di saat Pandemi Covid-19, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatur bahwa malam takbiran hanya dapat dilakukan di masjid atau musalla dengan membatasi jumlah orang yang hadir. “Edaran ini mengatur kegiatan malam takbiran dan Salat Idul Fitri yang diselenggarakan di masjid dan lapangan terbuka,” tegas Gus Menag di Jakarta, Kamis (6/5/2021)”dikutip dari tirto.id”.

Baca Juga:   Paing Takhon: Aktor Ganteng Myanmar, Dicari Aparat Setelah Ikut Dalam Aksi Penolakan Kudeta Militer

Sedangkan Muhammadiyah sudah menentukan bahwa lebaran atau Idul Fitri jatuh pada tanggal 13 Mei 2021.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhamamdiyah Haedar Nashir pada Rabu (10/2/2021) lalu saat mengumumkan kapan mulainnya awal Ramadhan 2021. “dikutip dari tirto.id”.

Menurut Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah/2021 Masehi jatuh pada Kamis 13 Mei karena tinggi bulan baru saat matahari terbenam di Yogyakarta pada 12 Mei berada di ketinggian 5 derajat 30 menit 58 detik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *