Syarat Wajib Melaksanakan Puasa di bulan Ramadhan

  • Whatsapp
Syarat Wajib Puasa di Bulan Ramadhan
gambar ini di ambil dari liputan.com

Newsjabar.Com -Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat di nantikan oleh seluruh umat islam di dunia.Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini merupakan bulan di turunkannya Alquran.

Lewat Wahyu yang di turunkan oleh Malaikat Jibril Kepada Nabi Muhammad SAW,secara berangsur -angsur, Alquran adalah kalam, Allah juga sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia.Sebagai petunjuk untuk beribadah kepada Allah SWT.

Diantara kewajiban ibadah yang harus di jalankan oleh umat islam yaitu menjalankan puasa di bulan Ramadhan, karna merupakan rukun islam yang ke empat dan sebagaimana telah di jelaskan dalam firman Allah SWT,dalam Alqur ‘an surat Albaqarah ayat 183.

Segala jenis ibadah,termasuk puasa di bulan Ramadhan,ada syarat dan rukun yang harus di jalankan agar sah ibadahnya.berikut adalah syarat dan rukun puasa di bulan Ramadhan,:

Baca Juga:   Plaza Jambu Dua Bogor Masih Sepi Pengunjung Berharap ada Golden Moment Di akhir Bulan

Syarat Wajib Puasa Di Bulan Ramadhan

Ketentuan yang harus di penuhi oleh seorang Muslim sebelum menjalankan ibadah di sebut Syarat Wajib.Jika seseorang yang belum memenuhu Syarat Wajib puasa,maka kewajiban puasanya gugur dan ia tidak di haruskan melaksanakan puasa.

syarat wajib puasa sebagaimana tertera dalam kitab Sapinatun Naja adalah sebagai berikut:

1.Islam

Syarat pertama seseorang wajib melaksanakan puasa di bulan Ramadhan adalah beragama Islam(Muslim/Muslimah).Tidak Sah puasa nya orang kapir atau orang yang murtad (Seseorang yang keluar dari agama islam) karna mereka tidak punya kewajiban untuk melaksanakannya.

2. Taklip atau Balig

Syarat wajib puasa di bulan Ramadhan yang kedua adalah Taklip atau Balig,dalam kata lain pubertas.Ciri-Ciri balig diantaranya:

  1. Sudah mencapai umur 15 tahun bagi laki dan perempuan
  2. Keluar air mani bagi laki -laki dan perempuan
  3. Perempuan yang sudah menstruasi walau belum mencapai umur 15 tahun ia termasuk balig dan wajib melaksanakan
Baca Juga:   Takjil Rendah Lemak, Intip Resep Kolak Pisang Tanpa Santan

3. Mampu berpuasa

Mampu berpuasa yaitu di artikan mampu melaksanakan nya tanpa adanya udur yang memperbolehkan tidak melaksanakan puasa seperti karena usia senja, Sakit, yg apabila berpuasa akan membahayakan jiwanya, dan dalam keadaan sedang bepergian jauh (Musafir).

Dan mereka dapat menggantinya di hari lain dengan berpuasa atau dengan mengeluarkan Fidyah.

Selain alasan di atas ibu hamil dan menyusui juga boleh tidak menjalankan puasa, apabila takut karna dirinya dan bayi nya maka di lain hari dia wajib mengganti dengan kodo.Tapi apabila takut menggangu kesehatan bayinya saja maka di lain hari wajib mengkodo puasa juga membayar fidyah.

4.Berakal Sehat

Tidak wajib melaksanakan ibadah puasa bagi orang yang kehilangan akal sehatnya atau gila.Termasuk bagi orang muslim yang kehilangan kesadarannya,karna sakit atau mabuk seperti pings karna hal itu membatalkan puasanya.

Baca Juga:   Kabar Hari Ini,Pengemis Di Brebes Sering Meludahi Pengendara Di Jalanan

5.Iqomah/Muqim atau bukan musafir

Sarat wajib puasa yang ke lima adalah Iqomah yaitu bukan musafir atau tidak sedang bepergian,jarak nya adalah dua marhalatain,jika seseorang muslim sedang bepergian seperti mengunjungi kerabat yang jauh pada bulan Ramadhan,maka ia di perbolehkan tidak berpuasa.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *