Telah Terjadi Musibah Gempa di Malang

  • Whatsapp
gempa di malang
gempa di malang

NewsJabar.com – Gempa yang terjadi di Malang Selatan hari sabtu(10/4/2021) pukul 14.00 WIB bermagnitudo(M) 6,1 terasa hingga ke Kabupaten Blora Jawa Tengah,gempa terasa singkat.

Episenter (pusat) gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 Lintang Selatan dan 112,5 Bujur Timur atau pada jarak 96 KM arah selatan dari Kepajen, Kabuapten Malang,Jawa Timur. Kedalaman pusat gempa adalah 80 KM.

Read More

Selain di Blora gempa pun terasa juga di Solo, Wonogiri, Magelang, Klaten, Sukoharjo dan dirasakan hampir seluruh Jawa Tengah dan Timur.

Surabaya – Pakar geologi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amien Widodo menyebut wilayah di Jawa bagian Selatan memang rawan terjadi gempa. Salah satunya, di titik gempa Malang Selatan.

Baca Juga:   Pecinta Kucing harus Tau Inilah 5 Keperibadian Yang anda Miliki, Apakah Kalian Termasuk?

Lempeng Hindia Australia itu menyusup di bawahnya pulau Jawa. Jadi, namanya subduksi, penyusupan tadi dari 0 km sampai 650 km merupakan daerah rawan gempa,” Lempeng Hindia Australia itu menyusup di bawahnya pulau Jawa. Jadi, namanya subduksi, penyusupan tadi dari 0 km sampai 650 km merupakan daerah rawan gempa,” imbuh Amien.

Gempa pun menyebabkan arus listrik disana mati sekitar 1 jam. Saat ini sudah kembali normal, hingga kini tim kami tengah melakukan investigasi penyebab gangguan di Gardu Induk Turen yang terjadi bersamaan dengan gempa Malang tersebut,” kata Fenny di Surabaya, Sabtu (10/4/2021). dilansir dari detik.com.

Fenny mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak panik saat listrik padam. Dia juga menyarankan masyarakat bisa melaporkan potensi bahaya yang mungkin terjadi.

“Kanal pengaduan kami bisa melalui contact center PLN 123 atau melalui PLN Mobile, kami berharap masyarakat agar kooperatif untuk aktif melaporkan potensi bahaya kelistrikan, terutama saat terjadi force majeure seperti ini,” pungkas Fenny.

Baca Juga:   Derbi Sepak Bola Indonesia Penyembuh Luka, Laga Benggengsi Final Persib Vs Persija

Belum diketahui pasti penyebab padamnya gardu induk listrik tersebut.

Akibat gempa dimalang foto dari detik.com

Selain itu juga dampak terjadinya gempa yaitu kerusakan yang dialami warga diantaranya rumah yang ambruk tembok tembok retak dan fasilitas umum seperti jembatan, gedung kantor DPRD Kabupaten Blitar pun ikut kena dampaknya hampir 70% gedung rusak.

Adanya dampak kerusakan gempa bumi di Malang banyak diunggah warga di media sosial, diantaranya kerusakan sebuah lembaga pendidikan di wilayah Turen, Kabupaten Malang, rumah warga yang ambruk hingga mengalami kerusakan seperti tembok retak di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, serta Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Kerusakan pun terjadi di Jatim Park 2 di Batu Secret Zoo,” kata Manajer Marketing and Public Relations Jatim Park Group Titik S Ariyanto.Titik mengatakan usia patung tersebut memang sudah cukup tua. Kerusakan terjadi pada kepala king kong yang hilang dan bagian samping yang pecah.

Baca Juga:   Kabar Hari Ini,Pengemis Di Brebes Sering Meludahi Pengendara Di Jalanan

Tetapi tidak menimbulkan korban jiwa karena posisi saat itu sedang hujan. Dan titik titik kerusakan kebanyakan di tempat spot foto.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Malang, Ma’muri menambahkan, pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD untuk mencatat wilayah yang terdampak gempa bumi.

Ma’muri menegaskan, adanya gempa susulan pasca gempa bumi 6.1 M terjadi. Gempa susulan tersebut berkekuatan 3.1 M yang terjadi sekitar pukul 14.52 WIB. Ada pun korban jiwa dalam kejadian ini.

Kami masih berkoordinasi dengan BPBD untuk mencatat wilayah yang terdampak dan berapa korabn jiwa dalam kejadian gempa ini,” kata Ma’muri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *