6 Peran Guru, Dambaan Siswanya

  • Whatsapp
guru kreatif

Guru sebagai sosok kreatif karena mampu melaksanakan tugasnya dalam penyelenggaraan pembelajaran di sekolah dengan penuh kreatifitas. Guru bisa membuat perncanaan dan persiapan pembelajaran yang kreatif dan penuh dengan inovasi. Bukan hanya itu guru juga dituntut se kreatif mungkin dalam proses penilaian. Dengan kreativitasnya ini, guru bisa menjadi sosok berhasil dan sukses dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran.

Jika dideskripsikan, pembelajaran idealnya adalah pembelajaran menyampaikan materi ilmu pengetahuian yang di sesuaikan  dengan kehidupan anak  yang di sampaikan secara komunikatif dan menyenangkan sehingga mampu diperankan oleh anak secara partisipatif dan aktif  untuk mencapai ketuntasan belajar yang diinginkan. Dengan dasar ini maka pembelajaran terkait dengan komunikasi yang intensif antara guru dengan anak yang melibatkan berbagai lingkungan. Tuntutan guru kreatif sebagai berikut :

Read More

Baca Juga:   Aksi Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Pelajar Di Cibadak-Sukabumi

                Pertama, peran sebagai motivator. Peran ini mewajibkan guru untuk selalu aktif dalam memotivasi anak-anak. Dalam setiap pembelajaran guru harus selalu bisa menanamkan keyakinan tentang mimpi dan cita-cita. Anak-anak pun akan selalu termotivasi terus untuk rajin belajar.

                Kedua, peran fasilitator. Pran ini memposisikan guru sebagai penyedia fasilitas bagi anak-anak dalam melakukan kegiatan pembelajaran, guru harus bisa menyediakan pengalaman-pengalaman yang akan mengondisikan anak-anak untuk melakukan serangkaian proses pengamatan yang intensif. Dalam peran nya sebagai fasilitator ini, guru harus bisa menyediakan dan mendesain sarana pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan kesenangan sehingga membuat anak-anak antusias dalam belajar. Fasilitas pembelajaran yang harus di sediakan oleh guru adalah fasilitas dalam bentuk sarana fisik pembelajaran(seperti tempat, media,alat,dan sumber belajar)

Baca Juga:   Bocoran Sinopsis Ikatan Cinta 19 Januari 2021 Full Episode, Akankah Al dan Andin Bercerai?

          Ketiga, peran tutor. Peran tutor adalah memberikan arahan, aturan, klarifikasi, dan penjelasan kepada anak-anak dalam proses belajar. Guru harus bisa mengarahkan dan menjelaskan dengan baik dan menarik, materi-materi sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak sehingga dalam pembelajaran tersebut, anak-anak mendapatkan banyak pemahaman keilmuan dari proses pembelajaran yang telah di lakukan.

           Keempat, peran organisasi. Pada kenyataannya, pembelajaran itu bukanlah kerja individual melainkan kerja kolektif antar anak. Maka dari itu peran guru sebagai organisator yang bertugas mengorganisasi anak anak untuk selalu menghargai Kerjasama dan saling membantu, tolong-menolong dan berbuat baik. Guru harus mampu menjadi figur yang bisa menyatukan anak-anak dalam kelas, bukan malah membuat cerai berai. Guru harus mampu menjadi pemersatu yang dihormati dan disegani Bukan sebaliknya ditakuti dan dimusuhi. Untuk itulah peran sebagai organisator di tuntut untuk diwujudkan oleh guru.

Baca Juga:   Untuk Meminimalisir Pemudik, 338 Titik Penyekatan Yang Di Jaga Aparat Telah Dishub Jabar Siapkan

Kelima, peran sebagai evaluator. Setelah guru menyampaikan materi secara komunikatif , peran guru selanjutnya adalah melakukan penilaian terhadap kompetensi dan karakter anak sesuai dengan materi pembelajaran. Dalam penilaian tersebut harus dilakukan Tes dan nontes. Sebab, penilaian terhadap kemapuan kompentensi dan karakter harus selalu menggunakan penilaian ganda yang bisa saling melengkapi sehingga bisa mengukur hasil kemampuan dan karakter anak secara objektif dan menyeluruh.

Keenam, peran sebagai apresiator. Dalam proses pembelajaran, guru harus memberikan apresiasi atas proses Dan hasil belajar anak. Apresiasi harus diarahkan kemotovasi anak untuk selalu rajin belajar karena Apresiasi itu sendiri sebagai penyemangat yang membuat anak berinisiatif untuk lebih rajin lagi dalam belajar.   

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *