Derbi Sepak Bola Indonesia Penyembuh Luka, Laga Benggengsi Final Persib Vs Persija

  • Whatsapp
Gambar ini di ambil dari liputan6

Newsjabar.com – Final Menpora Cup mempertemukan dua klub besar yang melegendaris, yakni Persib Bandung vs Persija Jakarta. Babak final dalam 2 leg even Menpora Cup ini adalah final ideal, tanpa mengecilkan kapasitas klub-klub lain peserta turnamen yang lebih daluhu tersisih.

Dua klub ini memiliki julukannya masing masing, Persib Bandung dengan julukan Maung Bandung, sedangkan Persija Jakarta mempunyai julukan Macan Kemayoran. Dua klub ini merupakan klub bebuyutan dalan blantika sepak bola Indonesi.

Kedua klub ini masing-masing “tak malu dan rela” dikalahkan klub lain, asal jangan sampai kalah oleh klub bebuyutannya. Pade even sepak bola apapun Persib gengsi di kalahkan oleh Persija, begitupun sebaliknya Persija gengsi apabila dikalahkan oleh Persib.

Penuh gengsi dan tensi tinggi saat berlaga

Perseteruan keduanya bukan hanya pada tingkat teknis permainan dan manajemen klub, namun juga merambah secara kronis dikalangan pendukungnya, yakni Bobotoh (Persib Bandung) dan Jakmania (Persija Jakarta). Dengan jumlah anggota suporter yang besar, kedua pendukung klub tersebut sama sama militan.

Baca Juga:   Sadis,Gotham Chess Mengakui Telah Di Kalahkan Oleh Bocah Indonesia Cuman Dalam Waktu 30 Menit

Dari sejarah sepak bola Indonesia mencatat perseteruan dua klub ini pernah menciptakan saling boikot, adu nyinyir, adu mulut, adu pukul, adu pengrusakan fasilitas umum dan bahkan sampai menimbulkan korban jiwa. Kedua pihak saling melukai dengan caranya. Sehingga hampir setiap pertemuan memunculkan luka.

Walau sudah beberapa kali di damaikan namun sewaktu waktu bisa tumbuh lagi. Perseteruan kedua klub besar ini sulit di damikan, bahkan banyak yang menyebut perseteruan abadi.

Menurut perjalanan sepak bola negeri ini, kedua klub ini memang layak masuk di jajaran club legendaris hingga kini. Walau ada masa-masa terstentu masing-masing pernah terpuruk dari Devis Utama ke Devisi 1, namun mereka selalu bangkit kembali berada di jajaran peringkat elit.

Baca Juga:   Widya Amelia Pamit dari PBSI, Para Atlet Bulutangkis Merasa Kehilangan

Dua klub sepak bola ini tak pernah hilang di telan zaman! pada tahun 1923 Persib Bandung lahir dengan nama Bandoeng Islandsche Voetbal Bond (BIVB). Kemudian BIVB berafiliasi National Voetbal Bond (NVB) dan menjadi Persib Bandung sejak 1933. Tercatat pernah meraih pada era perserikatan, yakni pada 1937, 1959-1961, 1986, 1989-1990, dan 1993-1994.

Persib Bandung meraih dua gelar lagi yakni pada Liga Indonesia 1994-1995 dan Liga Super Indonesia 2014. Sampai saat ini, Persib Bandung masih eksis di Liga 1 sebagai kompetisi elite Indonesia.

Persija didirikan 28 November tahun 1928 pada era Hindia Belanda, dengan nama Voetbalbond Indonesish Jakarta (VIJ), kemudian sempat berubah menjadi Voetbalbond Indonesish Jacatra (VIJ).

Persija juga tercatat sebagai klub pertama yang meraih gelar di era perserikatan pada 1931 saat masih menggunakan nama VIJ tersebut. Tahun 1951 berubah nama menjadi Persija Jakarta saat musim perserikatan pada tahun tersebut.

Baca Juga:   Mengapa Gempa di Malang Guncangannya Sangat Luas,Sampai Yogyakarta Dan Bali

Sampai saat ini Persija Jakarta sudah meraih sembilan gelar kompetisi perserikatan, yakni pada musim 1931, 1933,1934,1938, 1953-1954, 1964, 1971-1973, 1973-1975, dan 1978-1979.

Selain itu juga tercacat empat kali meraih peringkat kedua pada musim 1932, 1952, 1975-1978, dan 1987-1988. Sejak era perserikatan berganti Liga Indonesia, kemudian Liga Super Indonesia, sampai Liga 1, Persija meraih dua gelar yakni 2011 dan 2018. Jadi total peraihan gelar juaranya adalah 11 kali.

Kedua klub legendaris itu saling berhadapan di puncak gelaran Menpora Cup 2021, sebuah final ideal yang akan menjadi sorotan pecinta sepak bola Indonesia melalui media televisi.

Pertandingan final Persib Bandung vs Persija Jakarta memang layak disebut sebagai Derbi Indonesia. Karena keduanya punya sejarah yang panjang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *